Karir

Jenjang Karir Social Media Specialist, Gaji, Jobdesk dan Skill yang Harus Dikuasai

berkarir sebagai social media specialist

Mengenal lebih jauh Social Media Specialist

Mungkin saja profesi sebagai seorang social media specialist bukan pekerjaan yang asing di era digital seperti sekarang ini. Bahkan sebagian besar orang sudah terjun secara langsung ke dunia sosial media dan sudah merasakan seperti apa pekerjaan tersebut. Dengan keadaan sosial media yang terus berubah, tentu saja orang-orang juga harus putar otak supaya konten buatan mereka bisa selalu efektif.

Oleh sebab itulah pekerjaan di dalam bidang sosial media bisa dibilang sebagai pekerjaan dengan tahap belajar yang tak pernah berhenti. Selain itu banyak orang yang tertarik dengan profesi seperti ini namun tidak mengetahui lebih rinci. Lantas sebenarnya apa saja yang termasuk lingkup kerja dari pekerjaan tersebut? Bagi Anda yang belum tahu silahkan simak informasi lengkapnya di bawah ini

Pengertian Social Media Specialist

Social media specialist adalah salah satu posisi yang fokus terhadap menciptakan konten digital kreatif sekaligus menarik untuk bermacam platform sosial media di perusahaan tertentu. Mereka melakukan kegiatan ini dengan tujuan guna meningkatkan brand awareness, memperkuat bisnis marketing sekaligus mendorong angka penjualan.

Profesi tersebut tak hanya membuat konten di dalam 1 jenis sosial media saja. Sebab mereka harus mengerti pula cara untuk menyesuaikan konten yang sama tetapi diaplikasikan ke setiap jenis sosial media. Kenapa demikian? Hal ini lantaran setiap platform sosial media mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Kisaran Gaji

Seorang social media specialist yang berada di tingkat entry level akan digaji berdasarkan UMK masing-masing wilayah atau sekitar Rp 3 juta untuk gaji satu bulannya. Akan tetapi jika keahlian Anda di profesi tersebut sudah mendapat pengakuan maka gaji yang didapatkan bisa meningkat mulai dari Rp 7 juta atau bisa lebih.

Jobdesk

Sebagai seseorang yang bertanggung jawab terhadap sosial media perusahaan, ada banyak tugas yang harus dilakukan. Berikut ada beberapa tugas dari profesi satu ini:

  1. Menciptakan konten yang mempunyai value serta konsisten di seluruh platform sosial media.
  2. Mengelola postingan sosial media dengan volume yang tinggi.
  3. Mengembangkan content plan di dalam sosial media yang sesuai serta konsisten dengan identitas sebuah brand.
  4. Berkomunikasi dengan para pengikut di sosial media.
  5. Mempersiapkan laporan perkembangan sosial media setiap perusahaan atau brand.

Skill yang Harus Dikuasai

Menjadi salah seorang social media specialist bisa dibilang mempunyai sedikit perbedaan dengan pekerjaan lain. Sejumlah pekerjaan lain bisa dipelajari di sekolah atau kuliah, namun saat ini belum ada perguruan yang mengajarkan secara penuh materi untuk profesi tersebut. Oleh sebab itu peluang mengisi posisi satu ini terbuka untuk siapa saja selama memiliki keahlian antara lain:

  1. Kemampuan berkomunikasi
  2. Social media fluency
  3. Pengetahuan tentang tools yang dibutuhkan
  4. Skill desain dan komputer
  5. Kemampuan untuk manajemen waktu
  6. Kemampuan berpikir dengan cepat

Jenjang Karir

Pekerjaan sebagai social media specialist hingga saat ini masih terus diperlukan seiring dengan perkembangan dunia digital. Biasanya, jenjang karir berikutnya dari profesi tersebut adalah social media manager. Kendati demikian lantaran cakupan posisi satu ini sangatlah luas Anda bisa masuk ke dalam social media marketing, menjadi seorang content producer sampai terlibat dengan SEO.

Itulah informasi tentang profesi sebagai social media specialist yang bisa Anda geluti apabila tertarik dan memiliki kualifikasi di atas. Anda bisa mempelajari tentang profesi tersebut secara rinci sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaannya.

Related posts
Karir

Skill yang dibutuhkan seorang Data Analyst bagi pemula

Sebenernya apa itu Data Analyst Dalam era digital ini, data bukan hanya sekadar angka dan fakta…
Read more
Karir

Sertifikasi HRD Penting dan wajib untuk para HRD

Pentingya Sertifikasi HRD Profesi Sumber Daya Manusia (Human Resources/HR) telah menjadi bagian…
Read more
Newsletter
Dapatkan update terbaru dari para warga digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *