Karir

Skill yang dibutuhkan seorang Data Analyst bagi pemula

Sebenernya apa itu Data Analyst

Dalam era digital ini, data bukan hanya sekadar angka dan fakta, tetapi juga merupakan harta berharga yang dapat mengubah cara bisnis dan organisasi beroperasi. Di tengah ledakan data, peran seorang Data Analyst menjadi sangat penting. Sebagai Data Analyst, Anda memiliki tanggung jawab untuk mengubah data mentah menjadi wawasan yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang cerdas. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk membangun karir yang sukses sebagai Data Analyst:

Pengertian Data Analyst

Data Analytics (analisis data) adalah suatu proses interpretasi, transformasi, dan pengorganisasian data untuk mengungkap informasi yang berguna, mendukung pengambilan keputusan yang cerdas, serta mengidentifikasi pola dan tren yang mungkin sulit dilihat secara manual. Dalam era digital ini, di mana jumlah data yang dihasilkan oleh perusahaan dan individu meningkat pesat, data analytics telah menjadi sangat penting.

Manfaat Data Analytics:

Pengambilan Keputusan yang Didasarkan pada Fakta: Data analytics membantu mengurangi keputusan berdasarkan intuisi, menggantinya dengan keputusan yang didasarkan pada fakta dan angka.

Optimisasi Bisnis: Dengan memahami tren dan pola dalam data, bisnis dapat mengoptimalkan operasional mereka, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi.

Peningkatan Pengalaman Pengguna: Dalam dunia digital, data analytics membantu perusahaan memahami preferensi pengguna dan merancang pengalaman yang lebih baik untuk mereka.

Deteksi Penipuan dan Keamanan: Dalam industri keuangan dan e-commerce, data analytics digunakan untuk mendeteksi pola-pola yang mencurigakan dan aktivitas penipuan.

Inovasi: Dengan menganalisis data, organisasi dapat menemukan peluang baru, mengidentifikasi tren pasar, dan mengembangkan produk atau layanan yang lebih inovatif.

Skill yang wajib dimiliki oleh Data Analyst pemula

Seorang Data Analyst harus memiliki kombinasi keterampilan atau skill teknis, analitis, dan interpersonal untuk berhasil dalam pekerjaannya. Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki seorang Data Analyst:

Kemampuan Analitis: Pemahaman Statistik: Memiliki pemahaman mendalam tentang konsep statistik seperti distribusi, probabilitas, dan inferensi statistik sangat penting.

Analisis Data: Mampu menganalisis data menggunakan metode statistik dan matematika, serta menggunakan perangkat lunak analisis data seperti Python, R, SQL, atau tools seperti Excel, Tableau, atau Power BI.

Pengolahan Data: Kemampuan untuk membersihkan, mentransformasi, dan mengelola data dari berbagai sumber.

Pemrograman: Kemampuan dalam bahasa pemrograman seperti Python atau R memungkinkan Anda membuat skrip untuk analisis data yang kompleks.

SQL: Keterampilan dalam mengelola dan mengekstraksi data dari basis data menggunakan SQL.

Visualisasi Data: Mampu membuat visualisasi data yang jelas dan informatif menggunakan alat seperti Tableau, Power BI, atau matplotlib/seaborn (Python libraries).

Big Data Technologies: Pengetahuan tentang teknologi big data seperti Hadoop, Spark, dan Hive jika Anda bekerja dengan volume data yang besar.

Kemampuan Presentasi: Dapat menyajikan hasil analisis data dengan jelas dan logis kepada pemangku kepentingan, baik secara lisan maupun tertulis.

Storytelling with Data: Bisa merangkai cerita dari data, menjelaskan temuan dengan cara yang mudah dimengerti oleh orang non-teknis.

Kreativitas: Dapat menghadapi masalah kompleks dan mencari solusi kreatif melalui analisis data.

Kritis Berpikir: Mampu mengevaluasi informasi, mengidentifikasi masalah, dan merumuskan solusi berdasarkan data.

Manajemen Waktu: Kemampuan mengelola proyek dan waktu dengan efisien, terutama ketika bekerja dengan batas waktu yang ketat.

Kemampuan Kolaborasi: Bisa bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan departemen lain dalam organisasi.

Sikap Sosok Peneliti: Memiliki minat yang kuat untuk menggali data, menemukan pola, dan mencari wawasan baru.

Ketertarikan terhadap Teknologi Terbaru: Data Analyst harus terus memperbarui keterampilan mereka dengan teknologi dan metode analisis data terbaru.

Keberpihakan Etika: Memiliki pemahaman tentang etika data, privasi, dan keamanan data. Data Analyst harus menghormati privasi dan integritas data.

Kesimpulan

Memiliki kombinasi keterampilan teknis dan interpersonal ini akan membantu seorang Data Analyst meraih kesuksesan dalam industri yang terus berkembang ini. Kemampuan untuk menggali wawasan berharga dari data dan menyampaikan temuan tersebut dengan cara yang efektif adalah kunci untuk menjadi seorang Data Analyst yang sukses.

Related posts
Karir

Sertifikasi HRD Penting dan wajib untuk para HRD

Pentingya Sertifikasi HRD Profesi Sumber Daya Manusia (Human Resources/HR) telah menjadi bagian…
Read more
Karir

Jenjang Karir Social Media Specialist, Gaji, Jobdesk dan Skill yang Harus Dikuasai

Mengenal lebih jauh Social Media Specialist Mungkin saja profesi sebagai seorang social media…
Read more
Newsletter
Dapatkan update terbaru dari para warga digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *